Tujuan pengajaran pengetahuan haruslah ditujukan ke arah kecerdikan
murid, selalu bertambahnya ilmu yang berfaedah, membiasakannya mencari
pengetahuan sendiri
, mempergunakan pengetahuannya untuk keperluan umum
“Ganjaran dan hukuman itu tidak diberikan, untuk menjaga jangan
sampai anak biasa bertenaga hanya kalau ada untung (ganjaran) atau hanya
karena takut akan mendapat hukuman.
Anak-anak rusak budi pekertinya, disebabkan selalu hidup dibawah paksaan dan hukuman.
Permainan anak itulah pendidikan
Guru jangan hanya memberi pengetahuan yang perlu dan baik saja, akan
tetapi harus juga mendidik si murid akan dapat mencari sendiri
pengetahuan itu dan memakainya guna amal keperluan umum. (Pendidikan
Didalam hidupnya anak-anak adalah tiga tempat-pergaulan yang menjadi
pusat-pendidikan yang amat penting baginya, yaitu alam-keluarga,
alam-perguruan, dan alam pergerakan pemuda
0 komentar:
Posting Komentar